DPC PPWI TANAH BUMBU PERIODE 2011-2016 > Dewan Pembina/Penasehat > dr. HM. Zairullah Azhar, MSc / Prof. DR. Arief Amrullah, SH, M.Hum / H. Rahmida, SE / Mahyudi Djinggo - Dewan Pengurus : > Imi Suryaputera (Ketua), Imran AH (Wkl Ketua), Eko Sulaksono (Sekretaris), M. Ilham, Z (Bendahara), Bidang & Biro : > Rudi Hartono (Hukum & Advokasi), Rahman (Sekretariat & Organisasi), Agus Kistiyanto (Pendidikan & Litbang), Dede Armansyah (Usaha & Keuangan), Azhar (Koordinator Humas & Publikasi), M. Noor (Humas & Publikasi)

Penerjemah Bahasa

Minggu, 25 September 2011

Peningkatan Melek Literacy dan Cerdas Informasi Masyarakat Pedesaan melalui Pengembangan Simpul Pewarta Warga Indonesia Kecamatan dan Desa

Impian PPWI adalah terwujudnya masyarakat Indonesia yang melek tulis-baca secara aktif-kreatif, menjadikan kegiatan baca-tulis sebagai kesehariannya, komunitas warga yang mampu membaca keadaan sekitar dan merekamnya dalam berbagai bentuk yang mereka dapat lakukan, termasuk menggunakan berbagai peralatan teknologi informasi. Untuk itu, warga perlu dilibatkan secara teknis masuk ke dalam dunia jurnalistik yang mengharuskan setiap aktivis-jurnalis bergiat menekuni dunia membaca, menulis, menyebarkan informasi/gagasan, dan merespon setiap feed-back dengan cerdas-kreatif menggunakan nalar.


PPWI sejak awal dengan segala keterbatasannya mendorong percepatan melek literacy, melek media, dan cerdas informasi melalui diklat jurnalistik, tulis-menulis, fotografi, video, dll. Sayangnya, sasaran baru sebatas komunitas yang mudah dijangkau seperti kampus/sekolah, komunitas tertentu, dan dinas/instansi.

Melalui dukungan CiptaMedia, PPWI akan melakukan program diklat jurnalistik warga kepada warga desa/kelurahan dan membentuk simpul-simpul pewarta warga di setiap kecamatan dan desa sasaran. Kemampuan jurnalistik akan menjadi bekal dalam melakukan aktivitas mengumpulkan, menyimpan, mengolah/menganalisa, dan mempublikasikan informasi dari kecamatan/desa tempat domisili warga.

Selanjutnya, dibentuk simpul dan sub-simpul yang akan menjadi jalur komunikasi dan koordinasi lanjutan bagi setiap pewarta warga kecamatan/desa. Monitoring, evaluasi, dan bimbingan akan dilakukan terus-menerus secara berjenjang oleh pengurus PPWI di tingkat kabupaten/kota, propinsi, dan nasional, agar proses melek literacy dan cerdas informasi dapat menular ke desa yang belum tersentuh program ini. (PPWI Nasional)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar